Monday, 7 October 2019

MENGAKU SALAH ITU MULIA TIDAK HINA


๐Ÿ”ธ Al Allamah Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah mengatakan:
ูˆุงู„ูˆุงุฌุจ ุฃู† ูŠุฑุฌุน ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู„ู„ุญู‚ ุญูŠุซู…ุง ูˆุฌุฏู‡، ุญุชู‰ ู„ูˆ ุฎุงู„ู ู‚ูˆู„ู‡ ูู„ูŠุฑุฌุน ุฅู„ูŠู‡، ูุฅู† ู‡ุฐุง ุฃุนุฒ ู„ู‡ ุนู†ุฏ ุงู„ู„ู‡، ูˆุฃุนุฒ ู„ู‡ ุนู†ุฏ ุงู„ู†ุงุณ، ูˆุฃุณู„ู… ู„ุฐู…ุชู‡ ูˆุฃุจุฑุฃ .
ูู„ุง ุชุธู† ุฃู†ูƒ ุฅุฐุง ุฑุฌุนุช ุนู† ู‚ูˆู„ูƒ ุฅู„ู‰ ุงู„ุตูˆุงุจ ุฃู† ุฐู„ูƒ ูŠุถุน ู…ู†ุฒู„ุชูƒ ุนู†ุฏ ุงู„ู†ุงุณ، ุจู„ ู‡ุฐุง ูŠุฑูุน ู…ู†ุฒู„ุชูƒ، ูˆูŠุนุฑู ุงู„ู†ุงุณ ุฃู†ูƒ ู„ุง ุชุชุจุน ุฅู„ุง ุงู„ุญู‚،
ุฃู…ุง ุงู„ุฐูŠ ูŠุนุงู†ุฏ ูˆูŠุจู‚ู‰ ุนู„ู‰ ู…ุง ู‡ูˆ ุนู„ูŠู‡ ูˆูŠุฑุฏ ุงู„ุญู‚، ูู‡ุฐุง ู…ุชูƒุจุฑ ูˆุงู„ุนูŠุงุฐ ุจุงู„ู„ู‡ .
"Yang wajib, seorang insan rujuk pada kebenaran, di mana pun dia temui. Meski kebenaran itu menyelisihi pendapatnya, rujuklah kepada kebenaran. Ini akan membuatnya lebih MULIA di sisi Allah dan pandangan manusia. Selain itu, ini lebih selamat dan lebih bersih dari tanggungan.
Jangan engkau sangka, bahwa jika engkau rujuk dari pendapatmu menuju kebenaran, hal itu akan membuatmu turun derajat di mata manusia. Justru hal itu akan mengangkat derajatmu. Orang akan tahu bahwa engkau hanya mengikuti kebenaran.
Adapun orang yang membangkang (tahu kebenaran namun tidak mengikutinya), bersikeras pada pendapatnya, dan menolak kebenaran, dialah orang yang sombong. Semoga Allah melindungi kita."
๐Ÿ“š Syarh Riyadhis Shalihin
๐Ÿ“‘ Sumber: @majalahtashfiyah
๐Ÿ“‘ WA Ashhaabus Sunnah
๐Ÿ“๐Ÿ’ป Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || ▶️ https://t.me/hikmahsalafiyyah

No comments: