Saturday, 12 January 2019

MACAM-MACAM TAWAKAL


✍️ Dijawab oleh Ustadz Zuhair Syarif Hafizhahullah
❓ Pertanyaan:
Bismillah, Afwan ustadz ana mau bertanya, kepasrahan diri seseorang kepada mahluk apakah termasuk dalam hal hal yang dapat membatalkan syahadat?
💡 Jawaban :
📚 Kepasrahan yang di dalam bahasa Arabnya tawakal, ada beberapa jenis:
💎 Pertama: Tawakal kepada Allah Ta'ala, ini merupakan bukti kesempurnaan dan kejujuran iman seseorang.
☝️ Tidak akan sempurna iman melainkan dengannya. Penyandaran diri kepada Allah dengan keyakinan bahwa Allahlah yang memenuhi dan mencukupinya didalam mengait manfaat dan menolak madharot.
⛔️ Kedua: Tawakal sir, yaitu: bersandar kepada mayit, baik berupa nabi, wali atau thaghut didalam mengait manfaat dan menolak madharot. Ini adalah syirik akbar yang bisa mengeluarkan pelakunya dari agama dan iman akan hilang secara total dari hatinya.
✋ Ketiga: Tawakal ( pasrah ) kepada orang lain dalam pengaturan orang tersebut disertai rasa segan yang sangat besar karena kedudukannya dan ia merasa rendah diri. Contohnya pasrahnya bawahan terhadap atasan atau bosnya di dalam mendapatkan rezeki. Maka ini merupakan syirik asghar, karena keterkaitan dan penyandaran hati bawahan yang sangat kuat terhadap atasannya.  
*🍂 Perbuatan ini bisa mengurangi kesempurnaan tauhid seseorang.** Berbeda jika bawahan menganggap atas hanya sebatas sebab saja, yang memberi rezeki hanyalah Allah, maka hal ini tidak mengapa.
✅ Keempat: Tawakal atau pasrah kepada orang lain dalam hal yang dia mampu dalam perkara  mubah, orang tersebut statusnya sebagai wakil. Maka ini perkara yang diperbolehkan berlandaskan kitab, sunnah dan ijma'. Seperti pasrahnya nabi Yaqub kepada anak-anaknya untuk mencari Yusuf.
📌 Empat macam tawakal yang disebutkan oleh Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah ini bisa dijadikan patokan dalam hal tawakal dan kepasrahan hati.

💽 http://t.me/SalafyPalembang
www.salafypalembang.com
⏩ Dipublikasikan || http://t.me/qowwamussunnah
⏩ IG : @qowwamussunnah

No comments: