Tuesday, 18 September 2018

Memotong Hewan Ketika Istri Sedang Hamil

Slamet, Jalan Pembangunan 2 No. 1, Jakarta
Pertanyaan 76 :
Apakah diperbolehkan memotong binatang seperti ayam, kambing dan sebagainya kalau isteri sedang mengandung, mohon penjelasan. Sebab tidak lepas dari pendapat-pendapat orang Islam yang berkeyakinan, kalau isteri sedang mengandung dimintain tolong memotong ayam tidak mau.
Jawaban 76 :
Isteri sedang mengandung bukanlah terbilang daripada Mawani’uddzabhi, larangan-larangan untuk memotong hewan. Tidak ada larangan dari Al Qur’an, dari Al Hadits, dan dari Ijma’. Dan tidak ada hubungan antara bayi yang dikandung, dengan hewan yang dipotong sama sekali. Barangkali orang yang isterinya sedang mengandung itu, segan saja, atau malas saja, buat potong-memotong hewan atau kebetulan saja, orang yang sedang mengandung, tidak bersedia untuk dimintai tolong menyembelih hewan. Jadi tidak ada dalil yang mengharamkan, ataupun memakruhkan orang yang isterinya tengah mengandung, untuk menyembelih hewan. Jadi pikiran atau kepercayaan yang tidak-tidak mengenai hal ini, mesti dihilangkan, jangan sampai menjadi suatu I’tiqad atau kepercayaan berdasar takhayul dan khufarat. Jadi cukup, waktu menyembelih dengan membaca Bismillah saja, dengan tidak usah ditambah : Jangan seturut-turutnya si Jabang Bayi.
Perlu diketahui, bahwa si jabang bayi, tidak menuruti hewan yang disembelih. Dia akan menuruti watak ayah atau ibunya, menuruti sunnatullah yang berlaku. Bentuk, sifat dan kejadian bayi itu tidak dapat dipengaruhi oleh apa-apa, kecuali apa yang dikehendaki Allah swt. Tersebut dalam hadits :
Artinya : Telah selesai Allah swt. dari empat perkara. Daripada menentukan bentuk, ajal, rezqi dan perangai.
Demikianlah pada pendengar yang budiman, khususnya saudara penanya, yaitu saudara Slamet, jawaban kami atas pertanyaan anda, semoga anda dapat memahaminya. Wallahu waliyyuttaufiq wal hidayah.
Sumber :
K.H.M. Sjafi’I Hadzami. 1982. 100 Masalah Agama Jilid 3. Menara Kudus. Kudus

Post a Comment