Thursday, 6 September 2018

Kisah Pilu Akibat Berdoa Jelek untuk Anak



✒️Pertanyaan :

Dulu saya memiliki seorang anak yang berusia 3 tahun,dia tumbuh sebagaimana anak-anak yang lain,senang melakukan kesia-siaan dan keributan. Pada suatu hari diwaktu dzuhur ia meminta makanan ke ibunya,kemudian ibunya pun memberinya makan sampai kenyang,lalu ibunya meninggalkan roti dihadapannya karena ia suka.

Kemudian si ibu pergi mengerjakan pekerjaan rumahnya,dan kira-kira satu jam kemudian,si ibu kembali dan mendapati anaknya tersebut telah menghamburkan roti di lantai dan ambal,ia pun marah dan berdoa jelek untuk anaknya,seraya mengatakan  "semoga Allah mematikan kamu dan semoga kamu tidak makan selainnya." Lalu si anak pun lari ke rumah neneknya dan si ibu membersihkan tempat tersebut kemudian kembali mengerjakan pekerjaannya.

Dan ternyata beberapa saat kemudian si anak meninggal -semoga Allah merahmatinya-. Dan sekarang ini -wahai syaikh abdul aziz- jiwa ibunya lelah dan sakit,dan selalu dihantui rasa bersalah atas apa yang telah terjadi,dan ia ingin agar engkau memberinya fatwa atas apa yang telah ia ucapkan berupa doa jelek yang ia tujukan untuk anaknya,yang ternyata terjadi. Berilah kami faedah semoga Allah merahmati anda.

๐Ÿ“œJawaban : 

Sepantasnya mendoakan anak-anak agar mereka diberi hidayah,dan memintakan kebaikan untuk mereka. Tidak diperbolehkan untuk berdoa kejelekan atas mereka. Disebutkan dalam hadits Jabir bin Abdillah -radhiyallahu 'anhuma- Rasulullah -shalallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

 «ู„ุง ุชุฏุนูˆุง ุนู„ู‰ ุฃู†ูุณูƒู…، ูˆู„ุง ุชุฏุนูˆุง ุนู„ู‰ ุฃูˆู„ุงุฏูƒู…، ูˆู„ุง ุชุฏุนูˆุง ุนู„ู‰ ุฎุฏู…ูƒู…، ูˆู„ุง ุชุฏุนูˆุง ุนู„ู‰ ุฃู…ูˆุงู„ูƒู…؛ ู„ุง ุชูˆุงูู‚ูˆุง ู…ู† ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„ ุณุงุนุฉ ู†ูŠู„ ููŠู‡ุง ุนุทุงุก ููŠุณุชุฌูŠุจ ู„ูƒู…»

"janganlah kalian berdoa kejelekan untuk diri-diri kalian,jangan pula berdoa kejelakan untuk anak-anak kalian,tidak pula untuk pelayan-pelayan kalian,tidak pula untuk harta benda kalian,jangan sampai bertepatan dengan waktu yang mana Allah mengabulkan segala permintaan,sehingga Allah mengabulkan doa kalian." (HR.Abu Dawud)

Wajib bagi wanita ini untuk memperbanyak istighfar,jangan mengulangi perbuatan itu lagi,dan tidak ada kafarah atasnya. Wabillahit taufiq
ูˆ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆ ุขู„ู‡ ูˆ ุณู„ู…

๐Ÿ“š Fatwa lajnah daaimah lil buhutsil ilmiyyah wal iftaa no.7420
ketua : Abdul Aziz bin Baaz
wakil : Abdurrazaq Afifi
anggota : Abdullah Ghudyan

๐Ÿ‘‰๐Ÿป Dikutip dari : @knoozatharia

๐Ÿ“ฅ@wanitadankeluarga
๐Ÿ”@rumahbelajar
Post a Comment