Monday, 3 September 2018

JANGAN MENGAMBIL ILMU SEMBARANGAN


»».. Membantah Syubhat Hizbiyyun "Bolehnya mengambil Ilmu dari Mana Saja dengan Dalil Kisah Abu Hurairah dengan Setan ..««

✍🏻 Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah

📬 Pertanyaan:
Sebagian ahli bid’ah berdalih dengan kisah Abu Hurairah bahwa boleh belajar kepada ahli bid’ah karena Abu Hurairah mengambil ilmu dari setan?

● Haditsnya sebagai berikut (–pent), Abu Hurairah menceritakan:

وَكَّلَنِي رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِحِفْظِ زَكَاةِ رَمَضَانَ، فَأَتَانِي آتٍ، فَجَعَلَ يَحْثُو مِنَ الطَّعَامِ فَأَخَذْتُهُ، فَقُلْتُ: لَأَرْفَعَنَّكَ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَصَّ الحَدِيثَ، فَقَالَ: إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الكُرْسِيِّ، لَنْ يَزَالَ مَعَكَ مِنَ اللهِ حَافِظٌ، وَلاَ يَقْرَبُكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ، وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((صَدَقَكَ وَهُوَ كَذُوْبٌ، ذَاكَ شَيْطَانٌ))

“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menugaskan diriku untuk menjaga harta zakat di bulan Ramadhan, tiba-tiba ada seseorang datang mencuri makanan sehingga aku pun menangkapnya dan aku katakan kepadanya: “Aku benar-benar akan mengadukan dirimu kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.” Kisahnya panjang. Maka orang itu berkata: “Jika engkau berbaring di tempat tidurmu maka bacalah ayat Kursi, karena engkau akan selalu mendapatkan penjaga dari Allah dan setan tidak akan mendekatimu hingga Shubuh.” Dan Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Dia (syetan) menyampaikan ucapan yang benar kepadamu, hanya saja dia pendusta. Dia adalah setan.”
(Lihat Shahih Al-Bukhary no. 5010 –pent)

🔓 Jawaban:
Abu Hurairah mengambil ilmu dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, tidak mengambil dari syetan (Asy-Syaikh tertawa –pent).

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang mengabarkan hal itu dan Abu Hurairah tidak mengambil berita tersebut dari setan dan tidak bersandar kepada ucapan setan, tetapi hanya bersandar kepada perkataan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

صَدَقَكَ وَهُوَ كَذُوْبٌ.

“Dia (setan) menyampaikan ucapan yang benar kepadamu, hanya saja dia pendusta.”

Ini termasuk cara pendalilan yang batil, ucapan semacam ini termasuk pendalilan yang batil.”

🌏 Kunjungi || http://bit.ly/2AgxXTH

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://telegram.me/forumsalafy

Post a Comment