Wednesday, 19 September 2018

Hukum Berwudhu dengan Dikobok dalam Air yang Kurang dari Dua Qullah

Jamhari, Jl. K. H. Hasyim Ashari, Gg. Makmur III RT 08 RW 05, Jakarta
Pertanyaan 33 :
Shah atau tidakkah bersembahyang, bila berwudhu secara di kobok yang airnya kurang dari dua qullah, seumpamanya satu ember.
Jawaban 33 :
Shah wudhu dengan air suci menyucikan dengan cara di kobok dalam satu ember, kalau sudah mengenai tata cara atau kaitannya. Untuk hal-hal yang seperti ini mengenai caranya dapatlah kiranya anda tanyakan pada guru-guru setempat. Dan untuk masalah ini, sudah pernah kami jawab melalui siaran Radio Cendrawasih ini. Kami persilahkan anda membaca satu kitab figh, yang mudah bahasanya, murah harganya, banyak manfaatnya, yang kami sendiri pernah membaca kitab tersebut dengan pimpinan seorang guru yaitu kitab : Irsyadul Anam fi tarjamati Arkanil Islam, karangan yang mulia Al Marhum Al Habib Ustman ra. Amien.
Semoga anda dapat barakah dari bagi muallidnya, yang sudah begitu berjasa dalam menunjuki ummat Indonesia ini dengan cara mendetail sehingga tata cara mengobok air yang sedikit di dalam berwudlu.
Demikianlah para pendengar, khususnya yang terhormat saudara Jamhari, jawaban kami atas pertanyaan anda semoga anda dapat memakluminya. Wallahi walliyyutaufiq wal hidayah.
Sumber :
K.H.M. Sjafi’I Hadzami. 1982. 100 Masalah Agama Jilid 3. Menara Kudus. Kudus

Post a Comment