Wednesday, 29 August 2018

WASIAT BERHARGA DITENGAH HUJAN DAN MALAM GULITA



وَعَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ خُبَيْبٍ رضي الله عنه، قَالَ: خَرَجْنَا فِي لَيْلَةٍ مَطِيرَةٍ وَظُلْمَةٍ شَدِيدَةٍ نَطْلُبُ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّي لَنَا، قَالَ: فَأَدْرَكْتُهُ، فَقَالَ: ((قُلْ))، فَلَمْ أَقُلْ شَيْئًا، ثُمَّ قَالَ: ((قُلْ))، فَلَمْ أَقُلْ شَيْئًا، قَالَ: ((قُلْ))، فَقُلْتُ: مَا أَقُولُ؟ قَالَ: ((قُلْ: قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، وَالمُعَوِّذَتَيْنِ حِينَ تُمْسِي وَتُصْبِحُ - ثَلاَثَ مَرَّاتٍ - تَكْفِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ)).

Abbdulloh bin Khubaib Rodhiyallohu 'anhu bercerita: suatu saat kami keluar mencari Rasululloh Shollallohu 'alaihi wasallam__ untuk sholat bersama kami, di saat hujan dan gelap gulitanya malam.

Aku pun mendapatkan beliau. Lalu berkata: "Bacalah !", saat itu aku tidak mengucapkan apapun. Beliau berkata lagi: "Bacalah !. Aku masih belum berkata apa-apa. Beliau mengulangi ucapannya: "Bacalah !".

Aku pun bertanya : "Wahai Rasululloh, apa yang aku baca ?"

Beliau bersabda:

 قُلْ: قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، وَالمُعَوِّذَتَيْنِ حِينَ تُمْسِي وَتُصْبِحُ - ثَلاَثَ مَرَّاتٍ - تَكْفِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْء

"Bacalah: Surat Al Ikhlash, dan Mu'awwidzain (Al Falaq dan An Nas) ketika masuk waktu sore dan masuk waktu pagi, tiga kali, itu akan mencukupi kamu dari segala sesuatu."


Takhrij Hadits:

Hadist ini diriwayatkan oleh An-Nasai dalam Al-Mujtaba (8/250) demikian pula dalam As Sunan Al Kubro no. 7860, Ibnu Sunni dalam Amalul Yaum wal Lailah no. 80.

Ibnu Hajar menilai hadits ini Hasan. (Lihat Nataijul Afkar)

Faidah Hadits

◾ Kisah yang mulia ini menunjukkan himmah 'aliyah (semangat tinggi) pada diri para shahabat untuk selalu menyertai Rasululloh Shallallohu 'alaihi wasallam ( mulazamah__) dan mengambil faedah dari beliau, meskipun di saat hujan dan gelap gulitanya malam.

◾ Sebagaimana kisah ini juga menunjukkan kasih sayang Rosululloh Shollallohu 'alaihi wasallam kepada ummatnya dengan terus memberikan wasiat dan bimbingan yang berharga dan bermanfaat dalam urusan dunia dan akhirat di setiap situasi dan kondisi.

◾ Dalam kisah ini Rosululloh Shollallohu 'alaihi wasallam mewasiatkan umatnya untuk membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas di waktu pagi dan petang, masing-masingnya tiga kali.

Adapun fadhilahnya...

Sebuah janji pasti dari Allah melalui sabda beliau :

تَكْفِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْء

"...itu akan mencukupi kamu dari segala sesuatu."

📆 Kamis, 8 Ramadhan 1439 H.

📝 Ma'had Al Afaruq As Salafy Li Tahfizhil Qur'an Kalibagor.


Sumber :
t.me//khotbah_jumat
Post a Comment