Monday, 2 April 2018

Nasab Nabi Muhammad ﷺ

Materi 1: Nasab Rasulullah ﷺ
Nasab Rasulullah ﷺ
١ – نبينا – صلى الله عليه وسلم- هو أبو القاسم محمد بن عبد الله بن عبد المطلب بن هاشم بن عبد مناف بن قصي بن كلاب بن مرة بن كعب بن لؤي بن غالب بن فهر بن مالك بن النضر بن كنانة بن خزيمة بن مدركة بن إلياس بن مضر بن نزار بن معد بن عدنان.
“Nabi kita ﷺ , Beliau adalah Abul Qosim Muhammad bin Abdillah bin Abdil Muththolib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushoy bin Kilaab bin Murroh bin Ka’b bin Luay bin Gholib bin Fihr bin Malik bin an-Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhor bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan.”



 Pelajaran:

 1- Abul Qosim merupakan nama kunyah Beliau ﷺ . Sebagaimana yang diriwayatkan Hakim dalam Mustadraknya, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Saya adalah Abul Qosim, Allah yang memberi dan saya yg membagikan.”

2-  Muhammad merupakan nama Beliau ﷺ , namanya yang lain:
~ Ahmad (lihat ash-Shaf:6)
~ Al-Maahiy, Al-Haasyir, Al-‘Aaqib (lihat HR. Bukhari no.3532 dan Muslim no.2354)
~ al-Muqoffiy, Nabiyyut Tawbah, Nabiyyur Rahmah (lihat HR. Muslim no.2355)
~ al-Mutawakkil (lihat HR. Al-Bukhari no.4838)
Dan masih banyak nama-nama lainnya yang mencapai seribu nama namun tdak disebutkan krna lemahnya dalil yg dgunakan bhkan sbagiannya tdak memiliki dasar sama skali.

 3- Nasab Beliau ﷺ hingga Adnan ini disepakati para ahli nasab dan tdak ada sm skali perbedaan pndapat tentang hal tersebut. (Zaadul Ma’aad I/70)

4-  Rasulullah ﷺ berasal dari keturunan dan nasab yang mulia, dan hal ini memberi pengaruh terhadap dakwah yg diusungnya. Orang yg berasal dari keturunan yang mulia membuat orang lebih tertarik dengan seruannya, sebagaimana pertanyaan Raja Heraklius kepada Abu Sufyan: “Bagaimana garis turunan Muhammad di tengah masyarakatmu?” Lalu Abu Sufyan yg saat itu belum masuk Islam menjawab: “Dia berasal dari keturunan yang mulia di antara kami.”
Wallohu Ta’ala A’lam

Ustad Abu Abdirrazzaq Marzuki Umar, Lc. حفظه الله (Alumni Fakultas Syari’ah Universitas Islam Madinah dan saat ini menempuh S2 di jurusan Sejarah Islam di kampus yang sama)
Post a Comment