Monday, 2 April 2018

Ibu Susuan Nabi Muhammad ﷺ

Materi 4: Ibu Susuan Rasulullah ﷺ

Sirah Nabawiyah dari kitab “al-Khullaashoh al-Bahiyyah fiy Tartiibi Ahdaats as-Sirah an-Nabawiyyah”



Ibu Susuan Rasulullah ﷺ .

٤- ومرضعته – صلى الله عليه وسلم – هي حليمة
بنت أبي ذؤيب السعدية، ولقد ظهر بوجوده عندها من البركات ما ظهر.

“Yang menyusui Nabi ﷺ adalah Halimah binti Abi Dzuaib as-Sa’diyah, dan nampaklah keberkahan karena keberadaan Nabi ﷺ di sisinya.”

Pelajaran:

1- Wanita pertama yg menyusui Nabi ﷺ stlah ibundanya adalah Tsuwaibah yg merupakan mantan budak wanita Abu Lahab, yg sebelumnya juga telah menyusui Hamzah bin Abdil Muththolib.

“..Tsuwaibah menyusuiku bersama Abu Salamah…”( Lihat HR.Bukhari (9/43) dan Muslim 10/25-27))

2- Menjadi tradisi di kalangan orang Arab adlah mncari wanita di pdalaman yg dapat mnyusui bayi mreka sbgai tindakan preventif dari pnyakit yg bnyak mnular di perkotaan. Juga agar anak mereka mnjadi kuat serta lisan dan bahasanya trjaga.

3- Abdul Muththolib memilih seorg wanita dari kalangan Bani Sa’ad bin Bakr yaitu Halimah binti Abi Dzuaib untuk menyusui Nabi ﷺ .

4- Di Halimah, Rasulullah ﷺ memiliki saudara sesusuan, yaitu: Abdullah bin al-Harits, Anisah binti al-Harits, Hudzafah binti al-Harits, Abu Sufyan bin al-Harits bin Abdil Muththolib, dan Hamzah bin Abdil Muththolib.
Dgn dmikian Hamzah paman nabi, mrupakan saudara sesusuan Rasulullah ﷺ dari dua sisi: Tsuwaibah dan Halimah.

5- Halimah merasakan keberkahan serta peristiwa yang ajaib sejak kehadiran Rasulullah ﷺ di tengah keluarganya. Diantaranya:
     - ASI Halimah mnjadi banyak, pdahal sblumnya tdak bisa tdur karena tangis bayinya yang kelaparan.
     - Onta tua milik Halimah juga tiba2 memiliki susu yang banyak.
     - Onta betina yang ditunggangi oleh Halimah bsrta Rasulullah ﷺ sanggup menempuh perjalanan yg tdak sanggup dilakukan onta2 yang lainnya.
     - Sesampainya di kampung Bani Sa’ad yg terkenal sangat tandus, kambing2 tampak kenyang dan memiliki air susu yang banyak.
(Peristiwa2 ini terdapat di HR. Abu Ya’la 7158, Ibnu Hisyam 124. Adz-Dzahabi mngatakan isnadnya jayyid walaupun hadits ini diperselisihkan oleh para ulama)

6- Wanita lain yg jga mnyusuinya adalah Ummu Aiman, nama aslinya Barkah binti Tsa’labah yakni mantan budak beliau yg didapatkannya sebagai warisan dari ayahnya.

WaLlohu Ta’ala A’lam.

Ustad Abu Abdirrazzaq Marzuki Umar, Lc. حفظه الله (Alumni Fakultas Syari’ah Universitas Islam Madinah dan saat ini menempuh S2 di jurusan Sejarah Islam di kampus yang sama)
Post a Comment