Tuesday, 12 April 2016

Cara Mengetahui Tebu Jantan atau Betina

Kalian pasti tau, bahwa tebu merupakan tanaman berumah satu, dimana kelamin jantan dan kelamin betina ada pada satu bunga. Pada proses perkawinan makhluk hidup, di butuhkan pihak yang yang menjadi jantan dan pihak yang menjadi betina. Masak kalian mau ngawinin antara betina dengan betina atau antara jantan dan jantan. Hahahaha...

Sebenarnya sulit mencari bunga tebu yang benar benar jantan atau benar benar betina. Yang bisa kita lakukan adalah melihat kecenderungan mereka, apakah dia betina ataukah jantan.

Nah, bagaimana cara menentukan bunga itu lebih cenderung jantan atau betina?

Ada banyak cara, mulai dengan menggunakan larutan kimia hingga dengan hanya bermodal kertas minyak.

Yang akan kita lakukan adalah dengan menggunakan cara yang paling mudah, yaitu dengan kertas minyak warna putih. Ga tau kertas minyak? Itu lo, kertas yang biasa di pake buat bungkus dodol atau untuk bikin layangan.

Pertama
Cari bunga tebu yang sudah klar >25%. Potong sekira 20 cm dari dasar tanah. Ukuran ini ga baku kok. Mau potong mepet tanah ya silahkan.

Kedua
Bawa bunga tafi ke tempat yang beratap, bisa berupa gudang, rumah atau bangsal. Yang penting tu ujung bunga ga kena atap.

Ketiga
Kerudungi bunga dengan kertas minyak warna putih. Ikat bawahnya.

Keempat
Tegakkan batang bunga tersebut. Ikat. Pokoknya tu batang harus berdiri.

Kelima
Tunggu 3 hari, buka kertas minyak, dan amati jumlah pollennya.
Jika jumlah pollennya banyak, maka bunga tersebut cenderung jantan. Berlaku sebaliknya.

Sebenarnya lebih baik lagi jika menggunakan larutan hawai untuk memberikan kesegaran terhadap bunga tersebut. Tapi larutan hawai ini agak sulit membuatnya. Bisa kalian liat di artikel saya yang lain mengenai larutan hawai.

Selamat mencoba

Post a Comment