Thursday, 14 May 2015

Cara Mengatasi Memori Penuh di OPPO NEO 3 (R 831 K)

Sistem OPPO Neo 3 (R 831 K)


Ketika membeli sebuah smartphone, tentunya kapasitas memori internal menjadi salah satu pertimbangan penting bagi kita. Ada yang menawarkan 2 GB hingga 32 GB. Di OPPO Neo 3 sendiri, kapasitas memori internal sudah mencapai 4 GB, dengan pembagian memori sistem 1 GB dan sisanya untuk penyimpanan internal. Sewaktu kita menginstal aplikasi, tentunya akan masuk ke memori sistem. Nah, masalah akan muncul ketika aplikasi yang kita pasang berukuran besar, atau kecil tetpi banyak. Tentunya akan menjadi cepat penuh. Apalagi ruang yang tersedia hanya 1 GB. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut saya paparkan beberapa cara yang bisa di tempuh :
1.       Pasang aplikasi pemindah data, misalnya App2sd. Aplikasi ini cukup menolong ketika data aplikasi berukuran besar. Namun, tidak semua aplikasi datanya dapat di pindah. Seperti google+. Tetap saja memorinya cepat penuh.
2.       Pasang aplikasi pembersih chance, misalnya Clean master. Aplikasi ini sangat membantu ketika kita terlalu sering menginstall aplikasi baru. Atau ketika membuka file-file foto, atau bahkan iklan. Nah, di aplikasi ini, sampah-sampah tersebut dapat di bersihkan dengan sempurna. Di dalam aplikasi ini juga ada fasilitas pemindah data aplikasi ke memori internal (bukan memori sistem).

Sebelum di Update
Sesudah di Update
3.       Update firmware. Pada bulan Mei 2015 lalu, saya mendapatkan notifikasi bahwa ada update firmware yang baru. Sebelum di unduh, ada peringatan untuk menyimpan atau memback up data yang ada di smartphone, karena memori internal dan memori sistem akan di jadikan satu (katanya di integrasi). Okelah, saya back up. Dan benar, tenyata memori sistem dan internal menjadi 1, menjadi 4 GB.  Saya kira ini langkah besar produsen OPPO dalam memperhatikan konsumennya.
Sekarang kita bisa install aplikasi apa saja. Namun ya itu, tetap yang tersedia bukan 4GB murni, hanya 2,26 GB. Cukup besar bukan.
Semoga membantu.
Post a Comment