Monday, 9 March 2015

Perjalanan dari Lampung ke Jakarta dengan Bis

Trayek dan Rute Angkutan Umum Terminal Kalideres

Akhir Januari 2015 lalu saya melakukan perjalanan ke Jakarta untuk menjemput buah hati yang ingin berlibur ke Lampung. Sebenarnya bukan berlibur, wong malah masuk kebun tebu antah berantah. Hahaha....
Pada waktu itu, Jembatan Lempuang Bandar di Lampung Tengah putus, sehingga semua bis ukuran besar melewati Jalan Lintas Timur Pesisir, mulai dari Menggala – Sukadana – Metro – Tegineneng. Tetapi waktu itu saya lebih memilih untuk ke Bandar Jaya sehingga saya menumpang teman saya menggunakan sepeda motor ke Bandar Jaya.
Sesampainya di Bandar Jaya, tak lama menunggu saya mendapatkan bis kecil dari Kotabumi yang menuju Jakarta, yaitu bis Raja Basa Utama (RBU). Kecil sih, tapi lumayan nyaman lah.. Sayang, tiketnya agak mahal, 150.000. Seharusnya jika saya menawar, saya bisa dapat harga 120.000. Pengalaman memang mahal teman.
Sekitar pukul 21.00 bis mampir dulu di Terminal Rajabasa untuk cek penumpang. Lumayan lama disana, sekitar 30 menit. Kemudian baru bis melanjutkan perjalanan ke Jakarta. Perjalanan saya kali ini tidak ada yang istimewa, karena memang hampir tiap bulan saya bolak balik Sumatera Jawa.
Sekitar pukul 05.00 saya sampai terminal Kalideres, kemudian saya langsung sholat subuh. Lalu saya naik kopaja ke Slipi. Selesai.

Bus di Kalideres


Pendapat saya, sekarang terminal keadaannya aman. Baik terminal Rajabasa di Lampung, maupun terminal Kalideres di Jakarta. Bahkan, saya pernah bermalam di terminal Kalideres untuk menunggu bis paling pagi yang berangkat ke Jawa Tengah.

Bahkan, tahun 2005 saya pernah tidur semalaman di Terminal Giwangan, 2007 di Terminal Purwokerto, semua aman. Bahkan di terminal kertapati di Palembang pun, aman.Cuma ya itu, mental harus tebal. Selalu ada saya yang menawari ojek, angkot, travel secara kasar. Kita hadapi saja dengan halus.
Post a Comment