Sunday, 14 December 2014

Tata Cara Mendaftar Anggota BPJS




Di tempat kerja saya, kesehatan hanya di tanggung di Meical Clinic milik perusahaan. Walaupun lengkap (ada dokter, bidan, dental clinic, fisioterapi), tapi saya rasa masih kurang, terutama jika nanti saya dan keluarga terkena penyakit yang mengharuskan saya menginap di rumah sakit. Ya, walaupun harapannya sehat selalu.

Kemudian ketika pemerintah mengadakan program BPJS, saya senag sekali mendengarnya. Seakan-akan saya ingin menjadi orang pertama yang mendaftr (lebay dikit). Setelah mencari informasi di internet, saya tau bahwa lokasi kantor BPJS untuk kawasan Lampung Tengah ada di depan RSUD Lampung Tengah (saya lupa nama RSUD nya). Kemudian saya mengajukan cuti satu hari untuk mengurus pendaftaran BPJS, sekalian jalan-jalan ke Bandar Jaya. 

Saya berangkat dari rumah pukul 07.00, dan baru sampai kantor BPJS pukul 10.30. Wah, saya kira saya akan sampai sore mengurus ini. Sampai di kantor BPJS, saya lihat ada beberapa orang yang sedang mengantri untuk input data (tumpukannya buanyak sekali). Dan disana hanya ada satu petugas. Selidik punya selidik, ternyata petugas yang satu sedang keluar (saya lupa antara ke pemda atau ke dinkes, tapi ga pentinglah). Kemudian saya tanya kepada petugasnya bagaimana cara mendaftar BPJS. Lalu saya di minta untuk mengisi formulir (saya lupa juga formulir tipe apa yang saya isi). Di sana ada banyak model formulir, seperti pendaftar baru, penambahan anggota keluarga baru, khusus untk PNS, dll.

Setelah selesai saya isi formulirnya, saya serahkan formulir tersebut. Mudah mengisinya, hanya memindahkan apa yang ada di Kartu Keluarga (KK) saja. Oiya, syarat-syarat yang harus di bawa antara lain :
1.       Fotokopi KTP
2.       Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
3.       Foto 3x4

Jangan lupa bawa juga yang aslinya. Kalau bisa, semua di kopi 5. Ya, walaupun hanya di perlukan masing-masing 1, ga ada salahnya ngopi banyak buat persiapan. Dan untuk bayi, tidak di perlukan foto. Wajar, karena memang susah ambil pas foto bayi.

Setelah menunggu sekitar 1 jam, di input juga formulir saya. Kemudian saya di berikan secarik kertas berisi nomor akun virtual bank untuk transfer uang iurannya. Langsung saja saya meluncur ke ATM terdekat, dan saya transfer semua. Karena sudah memasuki waktu zuhur, maka saya solat dan makan dulu.

Setelah ishoma, saya kembali ke kantor BPJS, sementara istri dan anak saya saya tinggal di pasar. Mau belanja kebutuhan sehari-hari dulu. 

Sekembalinya saya ke kantor BPJS, langsung saja saya serahkan bukti transfer ATM saya kepada petugas. Kali ini sudah ada dua orang petugas yang menangani. Tidak sampai 5 menit, keluar kartu BPJS saya.


Kok kelihatannya gampang sekali? Memang gampang saudara-saudara. Yang susah itu yang belum pernah mencoba. Tapi memang, untuk beberapa daerah yang jumlah penduduknya banyak, tentunya akan lebih banyak yang mendaftar. Kebetulan, di Lampung Tengah populasinya masih sedikit.
Jika di hitung, saya hanya butuh waktu kurang dari 3 jam, termasuk transfer uang iuran. Saya kira termasuk cepat untuk urusan dengan pemerintah. Hehehe….

Saran untuk yang ingin mendaftar BPJS :
1.       Berangkatlah pagi-pagi. Di beberapa daerah yang  jumlah pendaftar banyak, di terapkan sistem nomor. Terkadang, pukul 7 pagi pun, nomor antriannya sudah habis.
2.       Jangan lupa membawa berkas yang di butuhkan supaya tidak bolak-balik. Dan jika memfotokopi dokumen, sekalian banyak, 5 atau 10.
3.       Jika perlu, bawalah alat tulis sendiri supaya tidak perlu antri hanya gara-gara ga ada pena.
4.       Jangan malas membaca. Baca semua petunjuk yang ada di sana. Jangan dikit-dikit nanya.
5.       Tapi kalau memang tidak tau dan tidak ada petunjuknya, jangan segan tanya kepada petugas. Mereka di beri tugas menjelaskan apa yang kurang jelas.
6.       Pilih Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang paling dekat. Kalau menurut saya, pilihlah dokter umum, jangan puskesmas.
7.       DAFTARLAH SEBELUM SAKIT DATANG.

 --------------------------------------------------

Update :
Sekarang pendaftaran BPJS dapat dilakukan online. Berikut link pendaftarannya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment