Saturday, 13 December 2014

Cara Pindah / Ganti Kartu BPJS Jika Pindah Tempat Tinggal


Jika anda pengguna manfaat fasilitas BPJS yang di berikan oleh pemerintah, maka anda akan mendapatkan kartu anggota BPJS yang berisi Nama, NIK, Tanggal Lahir, No Anggota dan Fasilitas Kesehatan Pertama. Nah, fasilitas kesehatan pertama ini dapat berupa dokter umum ataupun puskesmas. Fasilitas kesehatan pertama inilah yang akan anda tuju jika anda mengalami sakit dan harus mendapat perawatan dari dokter. Kecuali dalam keadaan darurat, anda dapat langsung menuju ke rumah sakit umum baik milik pemerintah ataupun swasta, misalnya kecelakaan lalu lintas, keguguran, serangan jantung dan lain sebagainya yang sifatnya darurat.

Nah, bagaimana jika suatu saat kita berpindah rumah dan fasilitas kesehatan pertama yang kita daftarkan lokasinya menjadi jauh dari rumah kita? Masak iya kita rumahnya sudah pindah ke Tegal, tapi periksa kesehatannya di Lampung.


Tentu saja kita harus merubah fasilitas kesehatan pertama kita. Caranya adalah dengan melaporkan kepada petugas di Kantor Cabang BPJS terdekat dari tempat tinggal anda. Misalnya, semula anda tinggal di Lampung Tengah, kemudian anda pindah ke di Kecamatan Lebaksiu, tentunya anda harus mendaftar atau melaporkan keanggotaan anda di Slawi – Kabupaten Tegal.

Ketika anda melaporkan kepindahan posisi anda, maka anda akan di berikan kartu baru dengan Nama, NIK dan No Anggota BPJS yang sama. Yang berubah adalah Fasilitas Kesehatan Pertama anda. Tentunya fasilitas kesehatan pertama ini sesuai dengan tempat tinggal anda yang baru. Kartu anggota BPJS anda yang lama akan di tarik, dan anda akan diberikan dengan kartu anggota BPJS yang baru.



Saran saya, jika anda ingin melakukan pelaporan penggantian perubahan lokasi ini, sebaiknya anda datang pada sore hari, ketika sudah sepi dan petugas sudah mau pulang, misalnya pukul 14.00 atau 15.00. Karena jika anda datang pada pagi hari, anda akan ikut antri bersama dengan para pendaftar anggota BPJS yang baru. Kecuali, di tempat anda pendaftaran BPJS-nya sepi.




Artikel saya yang lain

Post a Comment