Sunday, 26 October 2014

Rukun Islam



Rukun Islam ada lima perkara, yaitu “Bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad itu adalah utusan Allah, mengerjakan salat, mengeluarkan zakat, puasa pada bulan Ramadhan, dan menunaikan ibadah haji bagi orang yang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah.”
Penjelasan :
1.       Lima perkara tersebut adalah tiang agama Islam, di samping masih n=banyak lagi hukum slam sebahai cabang dan rantingnya.
2.       Arti Islam menurut bahasa ialah : patuh, tunduk. Sedangkan menurut istilah, ialah : “Mematuhi (tunduk) atas semua hukum syara’.”
3.       Kewajiban orang mukmin ialah, mengitikadkan bahwa Allah aalah Zat Yang Maha Esa, Tunggal, tiada berserikat dengan lainnya, yang Maha Sempurna dan Maha Suci dari segala macam sifat kekurangan. Dan mengitikadkan, bahwa Nabi Muhammad SAW adalah manusia termulia, yang baik segala tingkah laku dan ucapannya, lahir maupun batinnya juga dijadikan oleh Allah sebagai contoh teladan bagi seluruh umatnya yang takwa kepada Allah.

4.       Setiap orang yang membaca dua kalimah syahadat di sebut muslim, walaupun belum mengerjakan rukun Islam yang lainnya, hanya belum benar keislamannya.
Post a Comment