Saturday, 25 October 2014

Review Lengkap OPPO NEO 3 (OPPO R831 K)

Pada lebaran idul fitri 2014 yang lalu saya berniat ingin membeli sebuat handphone (smartphone tentunya). Hal ini di karenakan handphone saya saat itu adalah handphone MITO dengan kapasitas memori kontak dan sms yang terbatas. Ya, saya pikir wajar, wong saat saya beli tahun 2011 harganya 180.000. Itupun mendapatkan bonus kartu perdana 1 buah.


Salah satu foto aplikasi yang saya gunakan adalah Altitude.


Spesifikasi yang di tampilkan di handphone.

Saya mencari handphone tersebut bersamaan dengan istri saya belanja kebutuhan sehari-hari di pasar pagi Tegal. Saya keliling di seiap sudut pasar pagi tersebut, dan hanya menemukan 1 toko penjual handphone. Ya sudah, saya masuki saja tokonya.

Banyak handphone yang di tawarkan di dalam toko tersebut, mulai dari ASUS, Lenovo, Nokia, Samsung, Blackberry, hingga OPPO. Saya mencari handphone yang pas dengan kantong saya. Saya akhirnya membeli OPPO NEO 3 AKA OPPO R831 K. Kesan pertama ketika melihat handphone ini adalah dimensinya. Handphone ini sangat tipis. Dan layarnya sangat jernih. Maklum, saya biasa memakai handphone MITO yang tebal yang layar yang kecil.

Jika menilik dari spesifikasinya, handphone ini memiliki resolusi layar sebesar 480 x 854 pixels ayar setara dengan (~218 ppi pixel density). Ya, sudah cukup canggih lah, terutama di bekali dengan prosesor sebesar 1.3 GHZ dual core dengan memori RAM 1 GB. Untuk grafiknya sendiri, handphone ini menggunakan GPU Mali 400.

Kelemahan dari Handphone ini adalah memori internal yang sangat kecil. Walaupun di beri sebanyak 4 GB, namun yang disiapkan untuk sistem hanya sebesar 1 GB, sehingga untuk aplikasi yang tidak bisa di pindah ke memori eksternal, tentu akan menyebabkan memori cepat penuh.

Salah satu kelemahan OPPO, NEO 3 (R831 K) memori internal sangat kecil.


Yang unik dari OPPO NEO 3 ini adalah penggunaan OS andoridnya. Walaupun menggunakan seri 4.2.2 (Jelly Bean), namun telah di modifikasi oleh OPPO dengan menamakannya ColorOS. Memang lebih bagus sih bila di bandingkan dengan tampilan handphone android lainnya.


Contoh foto mode panorama, lumayan bagus. Belum di edit.

Berikut spesifikasi lengkap OPPO NEO 3 AKA R831 K

Spesifikasi Oppo Neo R831
Dimensi 132 x 65.8 x 9.2 mm
Berat 130 g
Layar 480 x 854 pixels, 4.5 inches (~218 ppi pixel density)
Jenis layar IPS LCD
Memory Internal 4GB
Slot MicroSD up to 32GB
1 GB RAM
Kecepatan 3G/HSDPA, HSPA+
Wifi WiFi, WIFI Display ,WIFI Direct
Bluetooth Yes, Bluetooth 2.0
USB Yes, USB 2.0, micro USB
Fitur O.S. Android OS, v4.2 (Jelly Bean) ColorOS
CPU Dual core, 1.3GHz
Sesnor Light, Proximity, Accelerometer, Compass
Kamera belakang 5 MP, Back-illuminated sensor (BSI), Auto focus, Digital zoom, Geo tagging, Video
Kamera depan 2MP
GPS Yes, with A-GPS support
Baterai Tipe Li-Ion 1900 mAh

Saya kira sesuai dengan harga yang di tawarkan ketika saya membeli handphone ini, yaitu 2.199.000. Ada harga, ada barang.

Contoh hasil foto (malam hari)
Contoh hasil foto (malam hari)




Contoh hasil foto (pada siang hari)



Update hasil foto kamera OPPO NEO 3 (OPPO R831 K)


Contoh hasil foto ketika mendung


Contoh hasil foto ketika cuaca cerah


Masih banyak contoh foto yang bagus menurut saya. Kebetulan saya lebih suka mengabadikan landscape atau pemandangan.


Bonus

Update Mei 2015

Seperti yang saya sampaikan di atas, memori internal OPPO R 832 K ini memang sangat kecil, hanya 1 GB. Namun, pada bulan Mei 2015, pihak OPPO melakukan update software yang membuat memori internalnya menjadi 4 GB murni. Hebat ga?
Jadi, ga ada masalah dengan memori penuh sehingga tidak bisa menambah aplikasi lainnya.

Berikut SC hasil update software tersebut :



Bisa anda lihat sendiri, sekarang ruang pengguna yang dapat di pakai ada 4,00 GB dengan ruang tersedia yang bisa di manfaatkan sebesar 2.26 GB. Perubahan yang sangat signifikan. Saya kira, OPPO sangat memperhaikan keluhan pelanggannya.

Oiya, untuk melakukan update seperti di atas, silahkan mauk ke Setelan > Umum > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem > Pembaruan Online. Hanya 30 MB saja ukuran filenya. Versi terbarunya namanya R831K_11_150330
Jangan lpa memback-up seluruh data yang ada di ponsel, karena filenya akan di hapus.

Selamat mencoba..
Post a Comment