Saturday, 25 October 2014

Pengaruh Gadget terhadap Anak

Di masa sekarang ini banyak sekali orang tua yang membelikan gadget terbaru untuk anaknya. Alasannya sih agar anak tidak ketinggalan jaman. Memang sih, benar alasan yang di utarakan para orang tua ini. Anak menjadi cepat mengerti teknologi, cepat adaptasi terhadap teknologi dan sebagainya. Tetapi apapun itu memiliki 2 sisi yang berbeda, sisi positif dan sisi negatif.

Beberapa kawan saya yang memiliki anak kecil dan telah di lengkapi dengan gadget terbaru, biasanya akan cenderung menarik diri. Sulit berinteraksi dengan sekitar dan tidak mau berbaur dengan anak sebayanya. Inilah yang seharusnya menjadi perhatian para orang tua. Apakah anda siap dengan resiko yang akan anda dan anak anda terima.



Saya mencontohkan keponakan saya, yang sedari kecil (usia 2 tahun) di kenalkan dengan gadget. Dampak yang terlihat nyata adalah, anak tersebut kesulitan dalam berbicara. Bahkan jika ingin sesuatu, anak tersebut hanya menunjuknya saja. Untung saja orang tuanya pengertian dan akhirnya gadget tersebut pelan-pelan di tarik dan akhirnya sama sekali tidak memainkan gadget.

Beda lagi dengan anak tetangga saya yang sudah memasuki usia 8 tahun. Anak tersebut mengenal gadget dari setahun yang lalu. Memang anak tersebut terlihat cerdas dalam hal bermain game. Lincah sekali memilih game, menyentuh back ataupun mendownload game terbaru. Tetapi di kehidupan sehari-hari, anak tersebut jarang keluar rumah. Jarang bermain dengan teman sebayanya yang berakibat pada sulitnya beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Bahkan anak tersebut cenderung menjadi introvert.

Memang, segala sesuatu ada sisi positif dan negatif. Tergantung kita memilih mana yang terbaik untuk anak. Semoga kita mampu menekan sisi negatif anak sehingga tidak menjadikan anak kita menjadi anak yang tidak kita harapkan.
Post a Comment