Saturday, 25 October 2014

Cara Mencuci Sepeda Motor yang Baik dan Benar

Mencuci motor sebenarnya adalah kegiatan yang sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak kecil. Namun, tahukan anda bagaimana cara mencuci motor yang baik dan benar sehingga motor anda awet? Saya kira sedikit yang tau. Berikut saya paparkan bagaimana langkah-langkah mencuci motor yang baik dan benar.



1. Pastikan ada motornya. Hal inilah yang harus di pastikan terlebih dahulu, jangan sampai sudah siap semuanya, ternyata kita tidak memiliki motor. Yang lebih berbahaya lagi jika ternyata motor yang akan di cuci adalah motor tetangga, bisa repot nanti urusannya.
2. Pastikan tersedia air yang cukup. Hal ini juga sangat krusial, karena perlu di ketahui, untuk membersihkan motor tidak seperti bersih-bersih pada manusia. Jika manusia bisa menggunakan debu alias tayamum. Tetapi jika motor menggunakan debu juga, bisa baret semua bodi-bodi motor. Bisa-bisa, malah jadi tambah kotor. Jadi, pastikan ada airnya ya sob.
3. Pastikan ada yang mencuci. Hal ini juga sangat penting. Tentukan dahulu siapa yang sebenarnya mau mencuci motor Apakah diri sendiri, adik, kakak, atau tetangga. Jika semua peralatan sudah siap, tetapi tidak ada yang mencuci, ya sama aja bohong. Emangnya tuyul yang mau nyuci motor? Hahahaha...
4. Siapkan lap. Ini si sebenarnya tidak terlalu penting. Peralatan utama untuk membersihkan kotoran sebenarnya tangan. Tapi sayang juga kalau tangan ini baret dan kotor terkena oli ataupun kotoran di bodi motor.



5. Jika ada, siapkan sabun. Sabun disini membantu kita untuk menghilangkan kotoran$ yang membandel. Kotoran itu biasanya berasal dari oli ataupun debu yang menumpuk. Ada baiknya jika menggunakan sabun atau sampo khusus sepeda motor. Selain harganya yang relatif murah, juga untuk kesehatan sepeda motor dari serangan ketombe.

Saya rasa cukup 5 saja dari saya. Semoga menjadi bermanfaat. Pesan saya, jika ke lima syarat di atas tidak terpenuhi, sebaiknya anda bawa ke tukang cucian sepeda motor tersekat. Carilah yang menurut anda hasil cuciannya bagus dan bersih. Terma kasih.
Post a Comment