Friday, 31 October 2014

54. Ikrimah bin Abi Jahal – Seri Sahabat Nabi yang Mendengar Langsung Hadits


Abi Jahal, Abu Jhal atau Abu Jahil adalah gelaran untuk seorang kafir, musuh Allah dan musuh Rasulullah.

Ikrimah ini adalah anak dari Abu Jahil itu.

Pada mulanya anak dan bapak ini musuh Rasulullah SAW yang paling tangguh, berperang mati-matian melawan Nabi, tetapi akhirnya Ikrimah di karuniai Tuhan dengan masuk Islam, menjadi seorang Islam yang taat dan di muliakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Beliau masuk Islam pada tahun 8 H yaitu sesudah futuh Mekkah sedang bapaknya sudah mati dalam peperangan Badar melawan Rasulullah.

Setelah Nabi menduduki Mekkah, Ikrimah ini lari tunggang langgang dengan kudanya ke negeri Yaman. Istrinya Ummu Hakim binti Harits menyusulnya ke Yaman dengan mengajak suaminya itu masuk Islam dan menyerahkan diri kepada Nabi di Madinah.

Ketika Nabi melihat ia datang dengan istrinya menghadap Nabi dan dengan penuh senyum simpul Rasulullah berkata : “Selamat datang penunggang kuda yang telah muhajir”.

Acap kali Ikrimah dapat kesulitan dari kawannya sesama Islam, karena kalau di pasar ia ramai, banyaklah orang mengejek antara lain dengan kata-kata “anak musuh Tuhan”.
Beliau mengadu kepada Nabi, maka Nabi berpidato di hadapan umum :
“Hai ibadallah (hamba Allah)! Aorang-orang pilihan masa jahiliyah tetap menjadi orang pilihan dalam Islam, asal ia sudah mengerti hukum agama”.

Sesudah pidato itu, tak ada lagi orang yang mengejek beliau.

Kemudian Ikrimah ini banyak juga merawikan hadits.


Beliau mati syahid dalam peperangan Yarmuk tahun 15 H.


Post a Comment