Tips Berpuasa yang Menyenangkan

Puasa adalah salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh umat muslim yang sudah dewasa (baligh) dengan cara menahan hawa nafsu, termasuk makan, minum dan hawa nafsu lainnya. Saum (Bahasa Arab: صوم, transliterasi: Sauwm) secara bahasa artinya menahan atau mencegah. Menurut syariat agama Islam artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183. (http://id.wikipedia.org/wiki/Puasa_dalam_Islam).


Sebagian hikmah puasa bisa dilihat dalam firman Allah yang artinya: "Agar kalian bertakwa." Beruntunglah mereka yang dapat berpuasa selama bulan Ramadhan, karena puasa itu bukan saja dapat membersihkan ruhani manusia, tapi juga akan membersihkan jasmani manusia itu sendiri, puasa sebagai alat penyembuh yang baik. Semua alat pada tubuh kita senantiasa digunakan, boleh dikatakan alat-alat itu tidak pernah istirahat selama 24 jam. Alhamdulillah dengan berpuasa kita dapat mengistirahatkan alat pencernaan lebih kurang selama 12 jam setiap harinya. Oleh karena itu dengan berpuasa, organ dalam tubuh kita dapat bekerja dengan lebih teratur dan efektif. (http://sayyidulayyaam.blogspot.com/2006/09/hikmah-puasa-ramadhan.html).

Berikut tips supaya tetap segar dalam berpuasa :
1. Minum yang secukupnya. Jangan banyak-banyak minum air putih, apalagi air es, karena akan membuat cepat kenyang. Paling tidak anda harus minum 1,5 liter per hari.
2. Kurangi makan gorengan. Gorengan dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol
 dan membuat anda akan cepat haus.
3. Jangan terlalu banyak makan. Karena jika anda kebanyakan makan, yang ada nanti anda akan ngantuk, dan akhirnya ga jadi beribadah lanjutan deh.
4. Jangan banyak bekerja fisik. Maksudnya disini, kurangi hal-hal yang kurang berguna, perbanyak beribadah. Ga perlu anda push up sampe ratusan kali, mending buat tadarus aja, hehe...
5. Tidur siang hari. Supaya ada energi terkumpul lagi setelah pagi hari bekerja. Dengan begitu, sore hari pun anda tetap bertenaga.
Sekian dulu tips dari saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat menunaikan ibadah puasa.
Salam

-----------------

Untuk tuntunan ibadah puasa, anda bisa baca disini

Comments

Popular posts from this blog

Pengendalian Gulma pada Kelapa Sawit