Thursday, 3 July 2014

Pentingnya Ilmu Nahwu

   

Saya pernah sebentar mempelajari ilmu nahwu maupun shorof. Dan apa yang terjadi? Saya tidak bisa memahami. Padahal ilmu nahwu itu sangat penting.
Saya kutip dari blog http://santysevy.blogspot.com/2012/04/pentingnya-ilmu-nahwu.html, tentang pentingnya ilmu nahwu, bisa rekan-rekan baca.

Nahwu adalah ilmu yang membahas perubahan akhir kalimah yang berkaitan dengan I'rob, struktur kalimat serta bentuk kalimat.
Tujuan Ilmu Nahwu yaitu supaya mampu memahami makna Al-Qur'an dan Al-Hadits yang keduanya merupakan dasar agama islam.
      
            Manfaat Ilmu Nahwu itu sendiri yaitu agar mampu memahami bahasa arab dan struktur kalimahnya yang menjadi bahasa Al-Qur'an dan Al-Hadits, yang keduanya adalah dasar tuntunan hidup umat islam.
Keutamaan Ilmu Nahwu yaitu harus diketahui terlebih dahulu, sebab orang yang tidak mengetahui ilmu nahwu akan sangat berkurang dalam memahami Al-Qur'an dan Hadits, karena Al-Qur'an dan Hadits tidak seperti bahasa arab biasa.
     
            Sumber Ilmu Nahwu yaitu Al-Qur'an dan Hadits dan omongan orang arab yang masih tulen bukan omongan orang-orang sekarang.
     
            Hukum mempelajari ilmu nahwu yaitu :

  • Fardhu Kifayah (kewajiban kolektif) bagi salah satu penduduk.
  • Fardhu 'Ain (kewajiban individu) bagi orang-orang yang membaca tafsir dan hadits.
Ilmu nahwu sangat penting sekali di bandingkan dengan ilmu-ilmu agama lainnya yaitu Urjan/ penting sekali yang harus diketahui terlebih dahulu. Akan menemui jalan buntu orang yang melangkah menuju ilmu agama jika belum menguasai ilmu nahwu.
Jadi mempelajari ilmu nahwu itu sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kita harus mempelajari ilmu nahwu terlebih dahulu sebelum mengetahui ilmu agama yang lain.

No comments: