Saturday, 5 July 2014

Dilema Pemilu Presiden 2014

Saat ini saya sedang menyaksikan acara Depat Capres yang di adakan oleh KPU. Menarik. Karena ini adalah depat terakhir yang di adakan sebelum hari pencoblosan. Pasti banyak visi misi yang akan disampaikan, walaupun tidak tahu akan dilaksanakan atau tidak. Yang pasti, kedua pasang kandidat sama baiknya jika di lihat kebaikannya dan sama kurangnya jika di cari-cari kekurangannya. Saya kira tidak pantas jika kita hanya melihat kekurangannya.
Yang menarik adalah biasanya setiap kandidat membawa data dari sumber masing-masing. Semoga nantinya presiden terpilih dapat memegang amanat yang telah diberikan rakyat.

Yang diperlukan dari seorang presiden adalah kemampuan kepemimpinan, dimana kedua kandidat pernah menjadi seorang pemimpin. Prabowo pernah menjadi komandan, Jokowi pernah menjadi bupati dan sedang menjadi gubernur. Apa itu kepemimpinan? Menyadur dari wikipedia,
Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah "melakukannya dalam kerja" dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari perannya memberikan pengajaran/instruksi.

Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa pemimipin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat penting misalnya, kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas. Dan memang, apabila kita berpikir tentang pemimpin yang heroik seperti Napoleon, Washington, Lincoln, Churcill, Sukarno, Jenderal Sudirman, dan sebagainya kita harus mengakui bahwa sifat-sifat seperti itu melekat pada diri mereka dan telah mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.
Terdapat 3 macam kepemimpinan, yaitu : 
1 Kepemimpinan Yang Efektif
2 Kepemimpinan Karismatik 
3 Kepemimpinan Transformasional

 Kepemimpinan yang efektif biasanya terdapat di berbagai macam buku. Disini kepemimpinan dapat dipelajari teorinya kemudian di praktikkan. Semua orang bisa, tergantung kemauan. Yang kedua adalah kepemimpinan karismatik. Kemampuan ini yang sulit di samai, karena ini muncul dari dalam diri sendiri. Beberapa orang menyebut, ini adalah anugrah yang diberikan kepada orang-orang yang khusus. Yang ketiga adalah transformasional, ini adalah kepemimpinan yang diberikan karena memang ada strukturnya. Misal dari guru kelas menjadi seorang kepala sekolah.

Sekarang anda bisa melihat manakah kandidat yang memiliki kemampuan kepemimpinan ini. Jangan lupa tanggal 9 Juli 2014, pilih sesuai pilihanmu.

No comments: