Saturday, 5 July 2014

Cara Mendaftar BPJS

Beberapa waktu lalu saya mendaftarkan keluarga saya dan saya sendiri program BPJS. Hal ini karena di tempat saya bekerja, belum ada jaminan kesehatan kepada keluarga. Program BPJS ini langsung terdaftar apabila kita adalah anggota astek ataupun jamsostek.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai badan yang ditunjuk pemerintah dalam mengemban tugas Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), hingga saat ini masih mengalami sejumlah kendala dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Satu di antaranya keterlambatan dalam penerbitan kartu kepesertaan BPJS. Untuk menghindari terhambatnya pelayanan kepada peserta peserta BPJS Kesehatan di fasilitas kesehatan yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, maka BPJS Kesehatan menerbitkan elektronik identitas (e-ID). Kartu ini sudah berlaku mulai bulan Juni ini. Beruntung ketika saya mendaftar program ini, e-ID sudah berlaku.

Kali ini saya akan memaparkan cara mendaftar BPJS.
1. Siapkan semua persyaratan. Syaratnya mudah dan sederhana. Hanya fotokopi KTP, kartu keluarga dan foto. Cukup 1 saja. Untuk anak-anak atau bayi, tidak ada fotonya tiddak apa-apa.
2. Datanglah agak pagi hari. Pengalaman saya, datang pukul 11.00, sudah ramai. Semakin pagi, seharusnya semakin cepat kita selesai.
3. Ambillah formulir 2. Ini hanya untuk pendaftar baru bukan untuk PNS maupun yang sudah menjadi anggota Astek atau Jamsostek. Jadi, untuk rakyat biasa, wiraswasta atau karyawan yang tidak tertanggung jaminan kesehatan.
4. Isi dengan benar dan jelas. Isi semua kolom yang bisa anda isi.
5. Tentukan fasilitas kesehatan tingkat I anda. Pilihlah yang terdekat dengan rumah. Fasilitas kesehatan tingkat ini adalah fasilitas kesehatan yang pertama di tuju ketika anda sakit, kecuali dalam keadaan darurat, anda bisa langsung ke rumah sakit besar. Tentukan juga fasilitas yang ingin anda ambil. Untuk kelas III 25.500, kelas II 42.500, kelas I 59.500.
6. Berikan formulir tersebut dan tunggu Virtual Account (VA) anda. Proses ini yang agak lama, karena harus antri. Terdapat puluhan file yang harus di input, sedangkan petugasnya hanya 1.
7. Setelah mendapatkan VA, maka anda harus membayar premi sesuai pilihan anda. Bisa melalui ATM ataupun tunai melalui bank yang di tunjuk.
8. Setelah membayar premi pertama anda, maka berikan struk pembayaran tersebut kepada petugas. Jika tidak antri, cukup 10 menit menunggu, maka e-ID anda akan keluar.
9. Dengan demikian, maka anda resmi terdaftar di program BPJS.
10. Jangan lupa membayar iuran setiap bulan sebelum tanggal 10.
Sekian info dari saya. Semoga membantu.
Salam..


--------------------
Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat Manual Pelaksanaan JKN BPJS

No comments: