Wednesday, 9 July 2014

Cara Mencegah Diare

Lanjutan dari artikel sebelumnya, kita kali ini akan membahas penyebab dan pencegahan diare. Diare adalah salah satu penyakit umum yang terjadi di masyarakat,sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penyakit ini kebanyakan menyerang para balita dan anak-anak,dan menjadi sumber penyebab kematian utama pada balita.Tapi tak hanya menyerang balita saja,orang yang berusia dewasa juga banyak yang terserang penyakit ini.penyakit diare ini seringkali di tandai dengan terjadinya peningkatakan buang air besar,dengan tinja atau faces yang encer dan lembek dan terkadang tinjanya juga mengandung darah atau lendir.diare ini seringkali di sebabkan oleh pola hidup tak sehat,dan adanya infeksi dari bakteri,virus,parasit,dll.penyakit ini perlu adanya tindakan pengobatan dan pencegahan agar penyakit ini tidak membahayakan nyawa anda semua.Cara mengatasi serta mencegah diare yang alami adalah dengan mencuci tangan sebelum makan,minum air dan makanan yang sudah dimasak,dll.


Diare termasuk penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease). Meskipun demikian, jangan remehkan diare karena dapat mengancam jiwa. Dua pembunuh terbesar anak-anak balita (bawah lima tahun) adalah diare dan radang paru-paru.
Penyakit diare dapat ditularkan melalui:
  • Pemakaian botol susu yang tidak bersih
  • Menggunakan sumber air yang tercemar
  • Buang air besar disembarang tempat
  • Pencemaran makanan oleh serangga (lalat, kecoa, dll) atau oleh tangan yang kotor.
Faktor kebersihan ternyata ikut andil dalam menyebabkan anak diare. Mulai dari kebersihan alat makan anak sampai kebersihan setelah buang air kecil/buang air besar. Semua yang dapat mengenai tangan anak atau langsung masuk ke dalam mulut anak harus diawasi.

Gejala diare yang umum adalah sakit perut, mual, muntah, berak terus menerus, nafsu makan berkurang, demam tinggi dan lemas.

MENCEGAH DIARE YANG BAIK DAN BENAR
  1. Selalu menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan sebelum makan, dan sesudah buang air besar.
  2. Minum air dan makanan yang sudah dimasak
  3. Susui anak anda selama mungkin, di samping makanan lainnya sesuai umur.
  4. Bayi yang minum susu botol lebih mudah diserang diare dari pada bayi yang disusui ibunya.
  5. Tetaplah anak disusui walaupun anak menderita diare.
Post a Comment