Monday, 14 July 2014

Cara Mencegah Diabetes Melitus (DM)

Penyakit gula atau kencing manis atau diabetes melitus akhir-akhir ini menjadi populer karena banyak sekali yang terkena penyakit ini. Efeknya luar biasa berbahaya. Salah satu tetangga saya bahkan sampai di amputasi kaki dan tangannya, karena terkena diabetes melitus. Baru kemarin, tetangga yang lain harus di rawat di rumah sakit karena jatuh di kamar mandi yang menyebabkan luka dan akhirnya infeksi. Pada penderita diabetes, jika terkena luka, memang sulit untuk sembuh.
Ada pepatah, labih baik mencegah daripada mengobati. Berikut saya sampaikan beberapa cara sederhana untuk mencegah penyakit kencing manis tersebut :

1. Tahu dan mengerti apa itu diabetes, kencing manis atau penyakit gula

Sebelum memulai tindakan pencegahan terhadap diabetes, sangat penting untuk mengetahui apa sebenarnya diabetes itu. Setelah Anda akrab dengan penyakit ini, Anda dapat memulai terapi pencegahan Anda dengan mudah.

2. Menjaga porsi makan yang cukup

Menjaga porsi makan yang cukup setiap hari bisa menjadi cara terbaik untuk menghindari diabetes.

3. Olahraga yang teratur

Berolahraga setiap hari membantu menjaga berat badan yang sehat, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas Anda terhadap insulin. Jadi, berolahragalah setiap hari selama minimal 30 menit untuk menjaga tingkat gula darah dalam rentang normal. Olahraga sederhana seperti berlari pagi sangat berguna untuk menjaga kesehatan.

4. Menjaga berat badan ideal

Berat badan berlebih dapat menjadi memperbesar risiko seseorang terkena diabetes. Jadi, pastikan bahwa Anda dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap normal serta ideal. BAgaimanapun yang berlebihan pasti tidak baik.

5. Sarapan pagi yang teratur

Cukup dengan susu dan roti, anda sudah bisa menjaga badan anda tetap sehat. Tidak peduli seberapa bencinya Anda pada sarapan, sangat penting untuk sarapan setiap hari. Hal itu membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu mengontrol nafsu makan, tetapi juga membantu mengontrol konsumsi kalori.

6. Hindari makanan berlemak

Junk food dan makanan yang biasa Anda beli di jalan umumnya tinggi lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Ini pada gilirannya juga dapat mempengaruhi tingkat gula darah dalam tubuh. Jadi, hindari junk food dan makanan berlemak lainnya. Selain itu, masakan padang biasanya kaya akan lemak. Sebaiknya anda kurangi masakan padang walaupun rasanya enak.

7. Kurangi minuman manis

Ini memang menjadi sumber utama penyakit diabetes melitus. Soda, minuman ringan atau berperasa dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Semua minuman berpemanis merupakan sumber gula yang tak terlihat, yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Selain itu juga kurangi makan garam.


8. Perbanyak makan sayuran

Daging memang lezat, namun Anda tidak harus memakannya setiap hari, karena dapat menimbulkan risiko diabetes. Selain itu, harga daging juga mahal jika dibandingkan dengan sayuran. Dengan demikian, perbanyak konsumsi sayuran setiap hari. Mereka akan membantu Anda mencegah diabetes.

9. Kelola stres

Stres tidak dapat dihindari, tetapi dapat dikelola. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Jadi, kurangi tingkat stres dengan berlatih yoga, meditasi atau latihan pernapasan. Terima apa adanya yang terjadi dan tetap menjadi diri sendiri.

10. Tidur yang cukup

Walaupun kelihatan sepele, namun tidur memiliki manfaat yang besar terhadap kualitas tubuh kita. Mendapatkan setidaknya enam jam tidur di malam hari sangat penting untuk mencegah diabetes. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat insulin dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah. Selain itu, tidur yang tidak nyenyak juga bisa membuat nafsu makan menggila.

Selain itu, yang terakhir adalah tetap berdo'a kepada Yang Maha Kuasa untuk selalu diberikan kesehatan, karena sekaya apapun kita, jikalau sakit, tidak akan memberikan manfaat apa yang kita punyai walaupun sedikit.
Post a Comment