Sunday, 20 July 2014

Berbagai Macam Varietas Kentang





Seperti halnya tebu, kentang juga memiliki beberapa macam varietas yeng tentunya memiliki karakteristik yang berbada-beda. Hal ini menyebabkan bentuk, ukuran dan warna yang berbeda, dengan hasil yang berbeda pula. Berikut macam-macam varietas kentang yang beredar di Indonesia :

A. Kentang Kuning
1. Granola
Jenis ini merupakan varietas unggul, karena produktivitasnya bisa mencapai 30 – 35 ton per hektar. Granola juga tahan terhadap penyakit kentang pada umumnya. Bila varietas lain kerusakan akibat penyakit bisa 30%, granola hanya 10%. Umur panen normal adalah 90 hari, meskipun 80 hari sudah bisa dipanen. Warna kulit dan daging umbi kuning dan bentuknya relatif lonjong alias oval
2. Cipanas
Merupakan varietas hasil persilangan Thung 1510 dengan Desiree. Kulit umbi dan daging umbi berwarna kuning. Mampu berproduksi sampai 34 ton per hektar. Namun, varietas ini agak peka terhadap Nematoda Meloidogyne Sp dan serangan layu bakteri Pseudomonas Solanacearum. Namun tahan terhadap penyakit busuk oleh cendawan Phytophthora infestans (late blight, hawar daun). Umur panen 95 – 105 hari jadi lebih lama dibandingkan granola.
3. Cosima
Varietas ini introduksi dari Jerman, agak tahan terhadap penyakit Phytophthora infestans dan layu bakteri Pseudomonas Solanacearum, sedikit peka terhadap virus daun  penggulung. Serta cukup tahan terhadap Nematoda Meloidogyne Sp. Di Pengalengan dan Lembang (Jawa Barat) Cosima lebih tahan hujan dibandingkan dengan Catella. Umur panennya 101 hari. Daya hasilnya antara 15 – 25 ton. Umbinya agak berpipih, kurang seragam, mata agak dalam, umbinya enak dan pulen, tetapi kurang baik untuk digoreng.
4. Segunung
Merupakan varietas hasil persilangan kentang Thung 151 C dan desiree. Umbi berbentuk bulat lonjong. Kulit dan daging umbi kuning. Potensi hasilnya bisa mencapai 25 ton / hektar. Sangat baik ditanam di daerah berdataran tinggi. Tanaman cukup tahan terhadap penyakit
busuk daun atau nawar daun atau late blight
5. Thung
Umbi berbentuk bulat gepeng. Kulitnya berwarna kuning. Dagingnya putih kekuning-kuningan. Bobot rata-rata 55,5 gram dan mempunyai keseragaman umbi. Tanaman peka terhadap penyakit dan hama
6. Catella
Termasuk kentang yang umurnya genjah (pendek). Seperti granola dimana umur 100 hari sudah bisa di panen. Umbinya bulat, daging umbi kuning. Kandungan patinya sedang. Namun, tanaman ini tidak tahan penyakit busuk daun.
7. Agria
Kentang introduksi dari Belanda. Umbinya besar seperti umbi ketelah rambat. Kuning umbi kuning, daging umbi kuning tua. Tanaman tahan penyakit virus PUY, penyakit busuk daun dan umbi juga tanam serangan nematoda serta keropeng. Varietas agria direkomentasikan sebagai varietas yang cocok untuk keripik dan kentang goreng.


B. Kentang Putih
1.      Marita
Umbi berbentuk bulat gepeng, seragam dan bobot tanaman ratanya 43,3 gram. Varietas yang ditanam di lembang dan Cianjur cukup tanam penyakit. Umbinya terasa enak dan warna daging umbi putih kekuning-kuningan
2.      Diamant
Produktivitasnya tergolong tinggi. Bentuk umbi oval sampai oval memanjang. Kulit umbi berwarna putih, daging umbi putih kekuning-kuningan. Tanaman tahan penyakit busuk daun. Kulit umbi dan penyakit virus A. Selain itu, tahan juga terhaap nematoda biotipe A.


C. Kentang Merah
1.      Desiree
Merupakan hasil persilangan kentang Urgenta dan Depesche. Umur panennya 100 hari, produktivitasnya tinggi. Bentuk umbi oval bulat sampai oval, kulit umbi berwarna merah, daging umbi kuning kemerahan. Tanaman peka terhadap penyakit busuk daun, penyakit layu dan penyakit virus PLRV (daun menggulung)
2.      Kondor
Varietas yang di introduksi dari Belanda. Umbinya besar mirip ubi jalar. Kulit umbi merah tetapi daging umbi kuning terang. Bentuk umbi oval atau lonjong. Produksinya tinggi, tahan penyakit virus PVY Penggulung daun, penyakit busuk daun dan penyakit umbi.

D. Varietas lain
1. Draga
Umbi berbentuk bulat gepeng, seragam dan warna dagingnya seperti marifa, (putih kekuning-kuningan). Bobot umbi rata-rata 71,4 gram. Tahan penyakit tetapi peka serangan hama.
2. Cardinal dan Premiere
Cardinal memiliki produksi yang lebih rendah dibanding premiere, tapi memiliki kadar gula yang tinggi.
3. Alpha
Varietas hasil persilangan antara varietas Paulkruger dan Preferent.
4. Kentang Industri
Kentang ini berkadar pati tinggi contohnya :
a. Atlante, Frying Potatos
b. Pinky, Pink Skin Golden Potatos
c. Dawmore
d. Kentang Panjang
e. Kentang Bulat.

Untuk varietas kentang dari luar negeri sendiri seperti Accent, Banba, Barna, Cosmos, Druid, Dundrod, Galactica, Habibi, Harlequin, Harmony, Kerr's Pink, Kikko, Kondor, Lady Balfour, Markies, Morene, Nadine, Orla, Pentland Dell, Pentland Ivory, Premiere, Remarka, Robinta, Romano, Sante, Setanta, Slaney, Spunta, Sunset and Verity.dapat di lihat di sini, sedangkann untuk tetuanya dapat di lihat di link ini. Semoga membantu.

Artikel Kentang yang lain :
Cara menanam kentang di dataran rendah
Berbagai macam jenis kentang
Post a Comment