Sunday, 26 June 2011

TEST – HARVESTING (KAPVELD)

PT. MATAHARI KAHURIPAN INDONESIA
TRAINING CENTER – KATINGAN INDAH UTAMA

TEST – HARVESTING (KAPVELD)


DI BAWAH INI DISAJIKAN SOAL YANG BERKAITAN DENGAN ANCAK DAN SEKSI PANEN. TUGAS SAUDARA MENJAWAB SEMUA PERTANYAAN YANG DIBERIKAN



Diketahui di Afdeling I Kebun Mentaya (tahun tanam 2003, luas areal 600 ha), pada semester I tahun 2006 akan dilakukan panen perdana. Sebelum panen dimulai, dilakukan dahulu persiapan panen, antara lain :

 Organisasi Panen dan Latihan Panen
 Teknis Panen
 Sistem Upah
 Keperluan Alat Angkut

Saudara selaku kepala afdeling, diminta untuk merencanakan panen yang sistematis, dengan ketentuan sebagai berikut :

a. Dalam kondisi panen puncak (peak crop), rotasi panen dibuat 5/7, tetapi pada saat kondisi buah lagi kurang (track) rotasi panen dibuat 8/10. Gambarkan seksi panen pada kedua kondisi diatas ?

b. Berapa jumlah pemanen yang diperlukan, jika output pemanen hanya 800 kg/K/hari, produksi per tahun sudah mencapai 20 ton/ha/tahun dan pada saat peak crop ada tambahan produksi sebesar 25% dari total produksi setahun. Sebaliknya berapa jumlah pemanen yang harus dikurangi jika kondisi buah lagi kurang (track) ?

c. Berapa tonase buah yang dapat diangkut oleh kendaraan dump truck per hari per unit (dalam satuan ton/hari/unit), jika kapasitas angkut kendaraan truck 5 ton/unit ?

d. Berapa jumlah kendaraan dump truck yang diperlukan (dalam satuan unit), jika rotasi panen dibuat 5/7 ?.





--oooO SELAMAT BEKERJA Oooo--
Post a Comment